GHOST WRITER, profesi apakah itu?

By | January 16, 2017

Penulis Hantu? Wah kayaknya serem istilahnya!

Ya, seperti istilah tersebut, artinya bahwa profesi Ghost Writer menuliskan untuk orang lain tanpa diketahui identitas dirinya. Seorang Ghost Writer membantu menuliskan ide cerita orang lain (Biografi, Novel, Opini, Popular) tanpa identitasnya dituliskan dalam buku tulisannya. Jadi dalam buku yang tercantum sebagai penulis adalah yang punya ide cerita. Dan Ghost Writer akan menghilang seperti hantu ketika buku yang ditulisnya sudah jadi.

Jadi dapat saya istilahkan sebagai berikut, bahwa Ghost Writer adalah coach dan yang punya ide cerita yang memakai jasa Ghost Writer adalah klien. Dalam hal ini hak cipta ide atau copyright tetap dipunyai oleh klien selaku pemilik ide dasar. Untuk itu yang tercantum sebagai penulis dalam buku adalah Klien tersebut.

Apakah ini bukan pembohongan publik? Bahwa orang yang tidak dapat menulis kemudian meminta orang lain (ghost writer) untuk menuliskan idenya? Jelas bukan, karena profesi Ghost Writer ini legal untuk memudahkan seseorang menyampaikan idenya dalam bentuk buku. Perumpaan yang mudah seperti ini, bahwa ada orang yang ingin membangun rumah. Kemudian dia punya ide bentuk dan design rumahnya. Karena ia tidak dapat menterjemahkan idenya dalam gambar agar tukang bangunan dengan mudah dapat mengerjakannya, maka ia menyewa seorang arsitek untuk mengaktualisasikan idenya tentang rumah.

Apakah orang yang ingin membangun rumah harus mengerjakan designya sendiri? Menata bata dan semen sendiri? Memasang kayu dan parabotan sendiri? Tentu saja tidak bukan, walaupun ada yang mengerjakan semuanya sendiri, namun hidup jangan dibuat rumit seperti itu.

Banyak yang memakai jasa Ghost Writer ini, terutama mereka yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk menulis atau bahasa gamblangnya adalah males nulis. Ada Artis, Dosen, Motivator, Dokter, Selebriti, Pengusaha dan trainer yang ingin membuat branding dirinya lewat tulisan. Jadi mereka yang punya kisah sukses, kisah sedih dan berliku, percintaan yang menyentuh (novel), punya ide motivasi dan ide teknik tertentu dalam pengajaran ataupun opini yang ingin disampaikan untuk orang banyak, mereka dapat memakai jasa Ghost writer ini.

Jadi saran saya, apabila Anda ingin mempunyai buku dan sekarang masih belum punya waktu menulis, pakailah jasa Ghost Writer. Klien yang saya sarankan memakai jasa Ghost writer adalah mereka yang:

  1. Anda mempunyai kisah inspiratif dalam kehidupan Anda, entah itu kisah sukses atau gagal yang dapat menjadi pelajaran bersama.
  2. Anda mempunyai kisah percintaan atau kehidupan keluarga yang berliku dan Anda berhasil melampauinya.
  3. Anda seorang pengajar (trainer, motivator, guru, dosen) yang mempunyai gagasan, teknik, cara yang dahsyat dalam memotivasi orang.
  4. Anda seorang Pengusaha yang memiliki kiat-kiat usaha sukses
  5. Anda seorang pelaku kehidupan rohani yang mempunyai ide dan pandangan kehidupan bijaksana dan mendamaikan.

Dari kelima hal di atas, tentunya Anda adalah orang yang gampang bercerita, mudah bercakap-cakap, mudah menceritakan kisah Anda, namun pada saat menuliskannya Anda mengalami kesulitan. Untuk itu Anda tinggal bercerita kepada Ghost Writer dan ia akan menggali lebih dalam cerita Anda lalu menuangkannya dalam bentuk tulisan yang akan jadi buku untuk Anda.

Seorang Ghost Writer akan membina hubungan baik dengan kliennya karena ia mesti tahu tentang jalan pikiran klien, emosi klien, dan intensi dasar dari jalan cerita yang ingin dituliskan oleh klien.

Apabila Anda punya gagasan dan ide yang cemerlang dalam bidang apapun, Anda seorang pengusaha yang ingin sharing kiat sukses Anda, Anda seorang motivator atau trainer yang ingin menyampaikan inspirasi tulisan, Anda punya kisah kehidupan baik pribadi maupun rumah tangga yang ingin dibuat menjadi novel, maka silahkan datang ke kelas Writing Camp saya yang diselenggarakan selama 3 hari 2 malam (jumat-sabtu-minggu) dan di sana saya menyediakan fasilitas jasa Ghost Writer bagi Anda yang termasuk dalam 5 kriteria di atas.

Tentu saja, cepat buatlah buku atas gagasan ataupun kisah hidup Anda. Layangkan email kepada saya untuk detail kebutuhan Anda di email: agung_webe@yahoo.com

Atau dapat membuka menu di web menulismudah.com ini

Untuk jadwal Writing Camp terdekat dapat Anda ikuti pada tanggal 17-18-19 Februari 2017 di Permata Hati resort, Cisarua Bogor.

Saya tunggu karya buku Anda!

(Visited 220 times, 1 visits today)

One thought on “GHOST WRITER, profesi apakah itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *