Cara Praktis Menulis Sampai Menerbitkan Buku Anda Sendiri.

By | December 5, 2016

Buku merupakan sebuah ‘tanda khusus’ tersendiri dan dapat digunakan sebagai alat untuk ‘personal branding’ dalam status pekerjaan apapun juga. Buku juga merupakan sejarah dari pemikiran dan ide selama hidup Anda. Paling tidak, mari menulis satu buku dalam hidup kali ini sehingga generasi anak-cucu masih dapat mengenang pemikiran Anda dari buku yang ditinggalkan. Mereka yang meninggal hanya meninggalkan harta, akan mudah dilupakan. Bahkan cucunya ketika ditanya kakeknya siapa, nama dan sejarah hidupnya akan lupa. Namun bila ada buku yang ditinggalkan, maka pemikiran dan ide akan tetap hidup sampai generasi berikutnya.

Kita mengenal pembicara-pembicara  hebat dunia seperti, Toni Robin, Kiyosaki, Jack Well, adalah bukan dari training atau seminar mereka. Namun dari buku. Ya, dari buku yang mereka tulis! Setelah kita membaca tulisan mereka, barulah kita mencarinya di google atau youtube tentang kegiatan seminar mereka.

Ingin menulis buku? Namun bingung darimana?

Apa yang Anda bingungkan? Cara menulisnya atau menyusunnya menjadi buku? Atau di mana mencetaknya? Atau bahkan bisakah diterbitkan buku Anda tersebut?

Cara Praktis menulis pada dasarnya dibagi menjadi 3 bagian, yaitu

  1. Menyusun pola tulisan
  2. Mengembangkan pola tulisan
  3. Edit dan Review hasil penyatuan pola tulisan.

Kalau ini masih terlalu rumit, maka andapun dapat membukukan posting status Anda di facebook! Menarik bukan? Jadi Anda memanfaatkan posting status untuk menulis sesuatu! Bayangkan, apabila terkumpul 100 status, maka sudah ada 100 lembar!

Isi buku tidak harus tulisan panjang dan memenuhi setiap halaman buku. Tulisan pendek, Quote pendek, motivasi pendek, kata mutiara, renungan diri, semua itu sudah dapat menjadi sebuah buku dari karya Anda sendiri.

Atau Anda rajin menulis di kompasiana atau Blog lainnya? Mengapa tidak Anda bukukan? Apapun tulisan Anda, tema apa saja, gaya penulisan apa saja, semua dapat Anda bukukan. Sudah punya 50 posting judul di posting Anda? Itu sudah cukup dijadikan sebuah buku yang lumayan tebal.

Apakah buku saya nanti ada yang baca atau tidak? Banyak penulis buku pemula yang berpikir seperti itu. Saran saya, abaikan! Mengapa? Karena tujuan Anda adalah mencetak sejarah pemikiran Anda. Perkara ada yang baca atau tidak, itu masalah selera saja. Semakin sering menulis buku, semua perbaikan dari gaya menulis akan terjadi dengan sendirinya.

Jadi apa yang Anda tunggu untuk membuat buku Anda sendiri?

Anda bisa menggunakan media apa saja untuk menulis. Media yang sering Anda gunakan, bahkan seperti whatsapp sekalipun dapat Anda manfaatkan untuk membuat buku. Bagaimana menerbitkannya? Setelah Anda menyusun rencana buku, menulis buku, maka yang ketiga adalah menerbitkannya!

Saya membantu penuh bagi Anda yang ingin sampai mencetak buku bahkan menerbitkannya. Anda yang sudah punya naskah ataupun baru mau menulis. Dalam kelas camp yang saya adakan selama 3 hari 2 malam, saya menyertai Anda sepenuhnya dalam bimbingan step by step proses menulis sampai jadi buku dan sampai menerbitkannya. Tertarik untuk menjadikan karya Anda sebuah buku? Silahkan kontak email: agung_webe@yahoo.com

Saya juga akan roadshow di kota-kota yang mungkin dekat dengan Anda sampai pertengahan tahun depan untuk memberi bimbingan menulis sampai menerbitkan buku. Kota itu adalah Malang dan Kendari untuk Januari. Bogor dan Yogyakarta untuk Februari, Bali dan Mamuju untuk Maret. Bandung dan Sidoarjo untuk April.

Setidaknya mulai sekarang, menulislah tentang apa saja. Buat bank tulisan yang banyak. Kumpulkan posting tulisan Anda. Bila kemudian Anda menyadari pentingnya sebuah buku sebagai personal branding Anda, maka silahkan hubungi saya di nomor yang sudah saya tulis di atas.

Selamat menulis! Selamat menerbitkan buku Anda!

 

 

 

 

 

(Visited 205 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *