Apakah ISBN itu?

By | October 4, 2016

ISBN adalah International Standard Book Number.

Selama ini masih banyak yang salah paham tentang FUNGSI dari ISBN.

Apakah ISBN merupakan IJIN penerbitan?

Sama sekali bukan! Menerbitkan buku di Indonesia tidak perlu perijinan. Siapapun dapat menerbitkan buku. Yang memerlukan ijin adalah badan usahannya, karena terkait dengan pajak yang harus dibayarkan.

Lalu mengapa ada ISBN?
ISBN merupakan nomer unik yang dikeluarkan oleh badan international yang berkedudukan di LONDON. Di Indonesia, ISBN ini dikelola oleh Perpustakaan Nasional.
Apabila sebuah buku di daftarkan nomer ISBN, maka ia akan mendapatkan nomer unik sehingga buku tersebut tercatat dalam asrip nasional selama 50 tahun.

Itu saja? Ya, itu saja! – Jadi melihat fungsinya sebagai arsip, maka anda dapat menentukan sendiri, apakah perlu atau tidak sebuah buku ada ISBN.

Apakah buku yang tidak ada ISBN dapat dijual bebas?
Tentu saja dapat, karena ISBN tidak ada hubungannya dengan ijin jual beli. ISBN hubungannya dengan arsip, itu saja.

Apabila buku anda akan dijual di toko buku, maka barcode yang berlaku adalah barcode toko buku yang memasang bandrol harga buku anda. Dan hubungan anda adalah dengan DISTRIBUTOR buku, bukan dengan ISBN.

Sekali lagi, ISBN tidak ada hubungannya apakah buku itu resmi atau tidak, apakah buku itu telah ijin terbit atau tidak.

Apakah ISBN juga memberikan ‘covering’ hak cipta?

Sama sekali tidak. Hak cipta merupakan urusan dengan Badan Hak Cipta Nasional yang akan membagi lagi menjadi: Copyright, Trademark, dan yang akan anda ajukan untuk hak cipta bagian mana? Apakah Judul? Isi? Branding buku? atau Metodologi? Jadi agak panjang apabila urusannya dengan pendaftaran Hak Cipta.

Namun penerbit yang menerbitkan buku anda, melalui badan hukumnya dan surat ijin usaha penerbitannya, telah mempunyai bukti buku yang diterbitkan lewat penerbit anda sehingga dapat melakukan ‘klaim’ apabila ada yang memperbanyak dan menggandakan tanpa ijin penerbit sesuai: UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

Lewat posting ini anda paham bahwa tidak ada sebuah aturan yang menyatakan bahwa sebuah buku yang terbit harus tercantum ISBN, karena ISBN bukanlah ijin terbit dan bukan ijin perlindungan hak cipta.

Bila anda mau menulis buku, tulis buku anda dan terbitkan agar banyak orang yang mendapatkan inspirasi dari tulisan anda. Dan tidak perlu takut lagi apakah anda punya ijin atau tidak berkaitan dengan ISBN tersebut.

*Bila anda ingin menulis dengan gampang dan menerbitkan buku anda, kami dari WRITING CAMP akan membantu mewujudkan buku anda dalam camp 3 hari 2 malam jadi buku.

Salam menulis!

(Visited 191 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *